Blog ini berisikan tentang pemahan dasar yang terjadi di lingkungan sekitar. berupa masalah sosial. ekonomi maupun budaya. harapan yang diingikan adalah agar kita selalu menperhatikan masalah yang terjadi di sekitar kita.

Laman

Diberdayakan oleh Blogger.

BAHAYA ROKOK

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan dan tips berhenti merokok

no smoking dilarang merokok anti merokok
Rokok adalah silinder dari kertas  yang berisi tembakau dan zat nikotin. Dewasa ini rokok sudah menjadi kebudayaan kita, tak heran jika mulai dari anak kecil hingga orang tua banyak yang merokok. Namun, dibalik enak nya rokok terdapat zat bahaya yang bisa merusak paru-paru kita yaitu zat nikotin.
Tahukah anda Saat ini jumlah perokok, khusunya di Indonesia dalam kategori  perokok remaja terus bertambah, Keadaan ini merupakan tantangan berat bagi upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Organisasi kesehatan sedunia (WHO) telah memberikan peringatan bahwa dalam dekade 2020-2030 tembakau akan membunuh 10 juta orang per tahun, 70% di antaranya terjadi di negara-negara berkembang.  Melalui resolusi tahun 1983, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan pada tanggal 31 Mei sebagai Hari Bebas Tembakau Sedunia.  Bahaya merokok terhadap kesehatan tubuh telah diteliti dan dibuktikan oleh banyak orang.

Salah satu penyakit utama yang bisa perokok dapatkan  adalah menderita penyakit jantung. Diperkirakan, sebanyak 20% kematian akibat penyakit jantung karena ketergantungan berat merokok. Kebiasaan merokok tentu dimulai dari lingkungan, jika lingkungan kita banyak yang merokok tentu kita akan ikut-ikutan. Tercatat bahwa perokok sekarang ini selalu meningkat setiap tahunanya. Apa lagi sekarang ini kita bisa dengan bebas mendapatkan rokok, tanpa ada batasan usia. Pada dasarnya rokok, bukanlah ajang untuk gaul masih banyak hal yang bermanfaat selain merokok, seperti bekarya dan menciptakan prestasi.

Salah satu dampak negatif dari merokok adalah timbulnya resiko serangan stroke.  Hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan otak , bahkan kematian. Merokok juga dapat meningkatkan risiko mengalami aneurisma otak. Karena pada rokok mengandung Benzene, yaitu Zat yang ditambahkan ke dalam bahan bakar minyak ini bisa merusak sel pada tingkat genetik. Zat ini juga dikaitkan dengan berbagai jenis kanker seperti kanker ginjal, Aneurisma dan leukimia. Aneurisma otak adalah pembengkakan pembuluh darah yang terjadi akibat melemahnya dinding pembuluh darah. Sewaktu-waktu bisa pecah dan mengakibatkan pendarahan di otak.

Rokok yang bahan utamanya dari tembakau tentu hal tersebut tidak terlepas dari penyedia nya. Di Indonesia sendiri tembakau ditambah cengkih dan bahan-bahan lain dicampur untuk dibuat rokok kretek. Selain kretek, tembakau juga dapat digunakan sebagai rokok linting, rokok longlat,  rokok putih, cerutu, rokok pipa, dan tembakau tanpa asap atau dikenal dengan istilah chewing tobacco..  Komponen gas asap rokok adalah karbon monoksida, amoniak, asam hidrosianat, nitrogen oksida, dan formaldehid. Partikelnya berupa tar, indol, nikotin, karbazol, dan kresol. Zat-zat ini beracun, mengiritasi, dan menimbulkan kanker.
Penyakit Yang Timbul Akibat Merokok
 1.Merokok dapat menyebabkan Penyakit Paru-paru
Inilah efek berhenti merokok secara bertahap dari mulai hitungan menit ...
Tidak diragukan lagi banyak penelitian yang membuktikan bahwa Salah satu efek paling berbahaya akibat merokok adalah kanker paru-paru. Karena rokok banyak mengandung bahan kimia yang berpotensi merusak sel-sel pada paru-paru yang bisa membentuk sel kanker. Penyakit serius lainnya yang bisa Anda alami adalah bronkitis, pneumonia, dan emfisema.
Tahukan Anda bahwa bada tubuh perokok akan ada perubahan struktur dan fungsi saluran napas dan jaringan paru-paru. Pada saluran napas besar, sel mukosa membesar (hipertrofi) dan kelenjar mucus bertambah banyak (hiperplasia). Pada saluran napas kecil, terjadi radang ringan hingga penyempitan akibat bertambahnya sel dan penumpukan lendir. Pada jaringan paru-paru, terjadi peningkatan jumlah sel radang dan kerusakan alveoli.  Akibat perubahan anatomi saluran napas, pada perokok akan timbul perubahan pada fungsi paru-paru dengan segala macam gejala klinisnya.  Hubungan antara merokok dan kanker paru-paru telah diteliti dalam 4-5 dekade terakhir ini. Didapatkan hubungan erat antara kebiasaan merokok, terutama sigaret, dengan timbulnya kanker paru-paru.
 2. Merokok dapat menyebabkan penyakit jantung koroner
merokok merokok keburukan mendatangkan harga hakikatnya
Bagi Anda perokok berat, semoga setelah membaca artikel ini Anda bisa berniat mengurangi atau bahkan berhenti merokok karena jika Anda terus merokok, maka akan timbul risiko terbesar untuk mati mendadak.  Risiko terjadinya penyakit jantung koroner meningkat 2-4 kali pada perokok dibandingkan dengan bukan perokok. Risiko ini meningkat dengan bertambahnya usia dan jumlah rokok yang diisap. Penelitian menunjukkan bahwa faktor risiko merokok bekerja sinergis dengan faktor-faktor lain, seperti hipertensi, kadar lemak atau gula darah yang tinggi. Perlu kita bahwa risiko kematian akibat penyakit jantung koroner berkurang dengan 50 persen pada tahun pertama sesudah rokok dihentikan.
Oleh karena itu coba mulailah untuk mengambil tindakan yang tepat untuk berhenti merokok.
Tentunya hal tersebut dimulai dari diri kita sendiri dan bukan  untuk pamer, pergaulan dan dilihat orang keren.  pada dasarnya kita tidak merokok., 
Bahaya merokok bukan hanya berdampak pada diri kita saja, namun akan berdampak pada keluarga bahkan umunya untuk orang lain. Salah satu dampak buruk untuk keluarga adalah banyaknya pengeluaran yang tidak penting. Tadinya uang yang kita dapatkan untuk bekerja, namun bukannya untuk diserahkan ke keluarga, tapi malah dipakai untuk keperluan merokok.
  1. Beberapa Tips Cara Berhenti Merokok
  • Bulatkan Niat dan Tekad
  • Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah bulatkan niat maupun tekad anda. Niat untuk berhenti merokok harus datang dari diri sendiri. Untuk membulatkan niat Anda coba berfikir berapa uang yang sudah dihabiskan untuk membeli rokok Anda setiap harinya. Coba bayangkan kalau uang itu sekarang ini ada ditangan Anda, pasti Anda sekarang sudah menjadi sangat kaya raya. Putuskan segera untuk berhenti dari sekarang jangan menunggu sampai Anda sakit parah.
  • Simpan Rokok Ditempat yang Sulit Untuk Ditemukan
  • Tips berhenti merokok yang kedua yaitu dengan menyimpan rokok ditempat yang sulit untuk ditemukan. Misalnya dengan menyimpan rokok dibungkus plastik hitam kemudian bungkus dengan kardus makanan lalu simpan ditempat yang tidak mudah untuk diambil, misalnya saja ditanam didalam tanah halaman rumah. Tentu saja Anda akan kesulitan dalam mengambilnya, hal ini akan bisa membantu Anda dalam berhenti merokok.
  • Buat Perjanjian Dengan Orang Terdekat
  • Tips berhenti merokok yang ketiga buatlah perjanjian dengan orang terdekat Anda. Misalnya buat perjanjian tidak akan pernah merokok lagi, jika ketahuan merokok Anda harus membayar denda. Misalnya saja untuk sebatang rokok Anda harus membayar denda 20 ribu. Hal ini tentunya sedikit demi sedikit akan membantu Anda dalam berhenti merokok.
  • Ganti dengan Permen
  • Cara selanjutnya termasuk cara yang sedikit mudah yaitu mengganti rokok dengan permen. Orang yang terbiasa merokok maka akan merasa pahit atau asam mulutnya jika tidak merokok. Untuk mengatasi hal itu, gantilah dengan memakan permen mint ataupun permen jahe. Secara perlahan tentunya Anda akan merasa terbiasa.
  • Alihkan dengan Berbagai Kesibukan
  • Biasanya orang pecandu rokok akan merokok jika ada waktu senggang. Buatlah kesibukan yang banyak, atur jadwal Anda sepadat mungkin. Dengan cara ini Anda bisa melupakan rokok Anda beberapa saat.
  • Perbanyak Air Putih
  • Tips selanjutnya agar berhenti merokok yang paling mudah yaitu dengan memperbanyak minum air putih. Dengan minum air putih, Anda bisa mengatasi rasa asam pada mulut dan bisa menyehatkan tubuh Anda. Ketika akan merokok minumlah satu gelas air putih dengan sendirinya hasrat merokok Anda akan hilang.
  • Istirahat yang Cukup
  • Agar sukses berhenti merokok maka perbanyaklah istirahat. Ketika akan merokok pilihlah untuk segera tidur saja. Dengan begitu Anda akan berhenti merokok dengan sendirinya.
  • Kunjungi Tempat Bebas Asap Rokok


0 Komentar untuk "BAHAYA ROKOK"

Back To Top